Dinas LH Bersihkan 2.943 Meter Kubik Sampah Banjir

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta berhasil membersihkan 2.943 meter kubik sampah banjir di aliran Sungai Ciliwung.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, pihaknya melakukan pengangkatan sampah di Pintu Air Manggarai sebanyak 1.420 meter kubik dan di Kampung Melayu mencapai 1.523 meter kubik.

"Kami mengerahkan dua unit excavator long arm dan satu unit excavator handler crane liebherr di Pintu Air Manggarai dengan jumlah petugas 20 personel. Kemudian, kami juga mengerahkan armada typer kecil 15 rit, typer besar dua rit, dan Alkal SDA 40 rit," terangnya.

Ia menambahkan, untuk penanganan sampah di di Kampung Melayu, Jakarta Timur dioperasikan dua unit excavator long arm dan satu unit excavator spider. Adapun total petugas yang disiagakan sebanyak 20 orang.

"Hingga pukul 11.00, rincian proses pengangkutan yakni, typer kecil 35 rit, typer besar 46 rit, tronton lima rit, truk arm roll 1 rit, dan pick up 1 rit," ungkapnya.

Menurutnya, Dinas LH DKI Jakarta terus melakukan pengangkutan sampah di pintu-pintu air yang tersebar di Jakarta agar air di kali maupun sungai dapat mengalir lancar.

"Penanganan sampah di badan air maupun pintu-pintu air masih terus berlangsung. Petugas dan armada kami kerahkan semaksimal mungkin," tandasnya.